Cara mempartisi SD Card Galaxy Mini

Posted: April 10, 2012 in Android
Tag:,

Sebelum menambah file internal memory pada Samsung Galaxy Mini, Berikut saya buatkan tutor mengenai cara mempartisi SD Card khususnya buat Galaxy Mini, coz cara partisi ini umumnya sama seperti partisi Hardisk dan bisa digunakan untuk device yang lain. Pada tutorial ini, kita akan membuat 2 buah partisi, 1 untuk penyimpanan SD card (FAT / FAT32) dan satunya lagi untuk penyimpanan aplikasi yang nantinya akan menambah space memori internal smartphone (Ext2).

Penting!!! Wajib dilakukan! Backup (copy) dulu semua isi SD Card Anda ke hardisk komputer Anda.

Step by step cara partisi SD card adalah:

1. Download MiniTool Partition Wizard – HOME yang Free di sini.

2. Install software tersebut.

3. Cabut / lepaskan SD Card dari smartphone Galaxy Mini, lalu masukkan SD card ke Memory Card Reader, setelah itu tancapkan Memory Card Reader ke komputer.  (kalo belum punya Memory Card Reader, beli dulu ya – cuma 8rb kok)

4. Buka software MiniTool Partition Wizard Home Edition.

5. Cari nama SD Card Anda, biasanya di Disk 2. Punya saya GALMINS5570, kapasitasnya 7.42GB (8GB). Kalo SD card punya Anda kapasitasnya 2GB, cari aja yang disitu tertera 1.8GB atau berapa yang jelas dibawah 2GB. Kenapa ukuran di software tersebut tidak tercatat sesuai aslinya? misal 8GB harusnya kan tertera 8GB. Silahkan gugling sendiri. hehe..

6.  Kalo sudah ketemu, klik kanan nama drive SD card Anda >> Delete

7. Klik kanan lagi >> Create

8. Setting seperti pada gambar berikut, lalu klik tombol OK.

Untuk nomor 3, Silahkan ubah sesuaikan sendiri. Pada gambar tersebutUnallocated Space After: 835.79 MB artinya nantinya memori internalsmartphone akan bertambah menjadi 835.79 MB + 180 MB (bawaan).

Khusus yang mempartisi SD card dengan kapasitas 2GB:

Nomor 1: Primary

Nomor 2: FAT

Nomor 3: Silahkan Unallocated Space After nya dibuat kisaran 300MB s/d 500MB

Nomor 4: Silahkan namai sesuai keinginan Anda.

9. Yap.. Partisi pertama sudah jadi. Sekarang klik kanan drive yang tanda *: dibawah drive Partisi pertama yang Anda buat tadi >> pilih dan klik Create

Muncul gambar berikut :

Pilih Yes.

10. Atur / setting sesuai gambar berikut, lalu klik tombol OK.

11. Klik tombol Apply.

Muncul gambar seperti ini,

Pilih Yes.

12. Tunggu prosesnya sampai selesai, seperti pada gambar di bawah ini.

 

Klik OK, dan SD card Anda sekarang sudah memiliki 2 buah Partisi! Terakhir close program MiniTool Partition Wizard Home Edition lalu copy kembali semua isi SD card yang tadi telah di backup. :D

~ Selesai ~

Catatan penting:

1. Melakukan partisi SD card ini diperuntukkan khusus jika ingin menginstall custom ROM.

2. Diperuntukkan juga bagi yang pengen tahu / sekedar iseng.

3. Akan terjadi masalah, JIKA Anda menginstall aplikasi yang diinstall / disimpan di SD card (menggunakan App2Sd atau Move2SD dan semacamnya). Apabila masalah ini muncul, hal yang bisa dilakukan adalah Hard Reset!! Atau silahkan coba install custom ROM.

Sumber : orie1212 & Telah di uji langsung oleh Harrie :D thanks brader

Komentar
  1. salam…..
    saya mau nanya,kok punya saya gak bisa,padahal udah seperti prosudur di atas.waktu di cek di hp capasitas memori nya berubah,tp yg di internal hp gak bertambah,sama seperti semula…tolong di perjels dan solusinya gimn.mksh

  2. Ratna mengatakan:

    kak.. kok gak berhasil ya, gmn neh…??

  3. Ratna mengatakan:

    kak, kalo utk galaxy gio kira2 bisa g? mhn jwbannya, tks

    • Harrie Ini mengatakan:

      untuk galaxy gio saya belum pernah coba, tapi berdasarkan informasi yg sy dpt di mbah google sih sama aja spt galmin, klo pgn nyoba langkah punya saya bisa aja, tp sy blm bs bantu klo ada masalah soale blm punya galaxy gio :D kudu beli gio dulu baru bisa experimen lagi :D

  4. rizky mengatakan:

    gan, ane kok galaxy mini memory internal saya ga bertambah sih..?
    tlong cara”nya yang jelas donk.. memory internal saya udah melemah banget. mohon penjelasannya yahh.. :))

    • Harrie Ini mengatakan:

      klo mau aman ikuti langkah saya dari awal :
      1. Cara Upgrade Samsung Galaxy Mini ke Gingerbread 2.3.6
      2. Rooting pada Android Gingerbread 2.3.6 (Sistem setelah di Upgrade)
      3. Cara mempartisi SD Card Galaxy Mini
      4. Cara Menambah Memori Internal Galaxy Mini Android 2.3.6 (S5570DDKQ7)
      Silahkan berkreasi :)

  5. pro abby mengatakan:

    mas saya tanya saya mau mindah Ext2 dari microsd 2 gb ke micro sd 8 gb

  6. jee mengatakan:

    untuk imo tab X1 bis ga ya….!?

  7. bayoe mengatakan:

    mas pindah ko 8gb jadi lemot dan berat gak yaa ? makasi

  8. ryuki mengatakan:

    saya partisinya pake 2gb pa nti bs saya gnti pake memory 8gb pa nti brubah ke awal lagi?

  9. evalenscense mengatakan:

    Gan, sy pake sd 4gb, boleh gak kalo sy partisi FAT 2gb dan sisanya untuk ext2? Soalnya sy baca diatas kisaran 300 sd 500mb aja..

  10. isaldjakaria mengatakan:

    gue pnya hp samsung galaxi mini, suaranya hilang, mohon pncerahannya. thanks ya?

  11. danzkusuma mengatakan:

    gan, bwt mempartisi sdcard si GalMin wajib di rooting terlebih dahulu atau ga ?
    mohon pencerahahnya gan..:D

  12. alez mengatakan:

    data yang udah ada sperti aplikasi2 bkalan ilang ga tuh?

  13. AGix El Canales mengatakan:

    gan.. ?!!
    kok galmin ane setelah slse partisi…
    di taks bar ada tulisan damaged Sd card yaaa??
    itu knpa??
    tolong pencerahannya….

  14. rhizqy11 mengatakan:

    gan… kalo pake memo 16GB bisa gk..???

  15. aniz mahawira mengatakan:

    kalo masi android 2.3.4 apa sudah bisa dipartisi..???

  16. Eka mengatakan:

    batas maksimalnya buat partisinya berapa gan.?

  17. aniz mengatakan:

    Kak, kenapa yah waktu aku buar partisi yg kedua kok gak ada drive yg bertanda *: dibawah drive yg pertama..

  18. Muhammad Fahmi mengatakan:

    gan gimana ini, saya ko cuman bisa bikin 1 partisi, saya udh buat satu eh engga ada tanda *: nya lagi, gimana dong?

  19. ADJ mengatakan:

    hasilnya ngelag –”

  20. ko setelah partisi pertama ga ada tanda *: buat partisi keduanya sih ? mohon pencerahannya gan

  21. Roni mengatakan:

    gimana caranya ngembaliin SD card ke keadaan semula gan?
    thanks.

  22. Rio mengatakan:

    gan file ziddu nya gak bisa, minta mirror nya dong

  23. Rio mengatakan:

    lamA NIH

  24. arif setyady mengatakan:

    gan…
    knapa ya ane udah coba langkah” di atas tp ttep jg g mau di partisi…
    udah ane aply, tp pas slesai aply kok kembali lg ke yg semula…
    itu mmg bgitu ato gimana ni gan??
    dah berulang x ane coba tp hasilnya ttp gitu doank…

  25. siti aisyah mengatakan:

    pxku kan galmin dah pake custrom chcobread.kl dah partisi sd.apq msh prl d flashing? apa g usah?kan ada s2e .atau gmn?

  26. harry haryono mengatakan:

    Gan, kalo SDcard 2gb kan tadi Unallocated Space After nya dibuat kisaran 300MB s/d 500MB, kalo dibuat lebih besar lagi dr itu, efeknya apa gan? bisa ga kira-kira saya perbesar jadi 800MB misalkan?

  27. Gandhi Atmaja mengatakan:

    makasih bung….. hanya butuh 10 menit, dari update froyo ke gingerbread 2.3.6, lanjut partisi ssd 2gb bawaan galmin

  28. Cybertart mengatakan:

    Kok Galmin Ane Gk Ke Detect sih? apa harus download Samsung Kiesnya dulu?
    klo Itu gimana Gan
    Mohon Bantuannya?

    • Gandhi Atmaja mengatakan:

      ga perlu samsung kies…pastikan online,lalu buka device manager cari/device and printer biar driver update secara online… saya menggunakan windows 7 64bit… klo udah update buka odin pasti kebaca

  29. yugo mengatakan:

    ko setelah partisi pertama ga ada tanda *: buat partisi keduanya sih ? mohon pencerahannya gan

  30. mell mengatakan:

    gimana jika guna memory card 16gb ? cara nya sama aja ya ?

  31. Syauqi Asyhabra mengatakan:

    oia,ane kan baru beli HP gan,OS nya masih Android 2.2.1 (Froyo) masih bawaan … kira-kira bisa ga ? ato harus diupgrade ke Ginger 2.2.3 dulu ? mohon dibalas~

  32. Syauqi Asyhabra mengatakan:

    Para Androider,ane mau tanya nih,temen ane kan mau Upgrade Andronya dari Foroyo (2.2.1) ke Gingerbread (2.3.6) … butuh pencerahan,kalo ane ga bisa soalnya ane Ginger bawaan HP –”
    Pertanyaan :
    1.) Kalo Upgrade bisa ke Cellular yg bukan resmi samsung? keterjaminan berhasilnya besar ga?
    2.) Apa dampak kalo gagal ?
    3.) Kalo Upgrade sendiri,apakah harus di Root dulu / Ga usah?
    4.) Root itu apa?

    terimakasih,mohon yang tau jawab … \thank

  33. Abi mengatakan:

    Memory saya mlah minta format terus nih bro.. gimna nih?

  34. Stefanus Julianto mengatakan:

    Brother, kalo saya menggunakan aplikasi App2SD kan ada kemungkinan gagal. Sekarang yg saya harus lakukan apakah hanya uninstall App2SD nya saja sebelum mempartisi? Tq :)

  35. Adhitya mengatakan:

    gan klo buat galmin 2 work gk ?

  36. kevin mengatakan:

    gan, ane udah berhasil nih gan, tapi aplikasi ane force close mulu, gimana tuh?, ga lancar make galminnya

  37. wisnu mengatakan:

    gan, kok saya setelah buat partisi pertama gk bisa bikin partisi ke dua si? soalnya dibawah drive partisi yg td saya buat gk ada lagi, cuma satu yg td saya buat doang, gmn gan solusinya? mksh..

  38. ian mengatakan:

    ane pke sandisk 8gb gan ane udah sukses partisinya kayak gini :pic.twitter.com/8F0voEjl tapi kok kaga kedetecct yah d my computer. trus ane balikin smula jadi ke FAT eh mala micro sd ane jadi cuman 4gb dan lemot gimana tuh gan

  39. gunawan mengatakan:

    sukses gan, ane cuma pkai sd2GB, tapi knpa jadi lemot gini ya?
    ada cara untuk kembali sperti smula gk
    tlong jawabanya..

  40. aldi himawan mengatakan:

    gan. klo ga pake Card Reader bisa ga? Langsung pke Kabel USB aj bisa ga gan?

  41. bam mengatakan:

    gan ane udah berhasil nne gan tapi ko buka aplikasi lemot yya
    ap lagi klo lg paketan internel lemot banget
    trus pas ane cek d link2sd ex2′a error ato pas ane liat d storage info d link2sd “sd cart 2nd part.” ane ko kosong si
    knpa ya gan??
    tolong ya plis

  42. kikim mengatakan:

    kesimpulanx…..tutor td bkin lemot gk nehh.
    mhon bntuanx
    terima kasih

  43. zacky mengatakan:

    thanks atas infonya

  44. stone mengatakan:

    sama aja memori internal tetep kepangkas…….gimana nich penjelasannya.
    di root juga sudah…

  45. Adiguna Satrya Wibowo mengatakan:

    kk , Ext4 t untk apa sih ???

  46. atri mengatakan:

    mau tanya mas,kalo untuk penjelasan poin 3,klo memori nya tetap d HP tp d debug ke komputer bisa g tuch..
    kn klo d debug gt memorinya juga kebaca di komputer..
    mohon bantuan nya

  47. Shendy Si Dodok mengatakan:

    bos,,ko setelah partisi pertama selesai pas mau ke partisi ke 2 ga ada tanda *: di bawah drive partisi pertama. mohon pencerahaan nya.

  48. wahyu perdana mengatakan:

    kalo ssd 4GB partisinya harus berapa aja gan?

  49. Ana mengatakan:

    Mas bro.. device mesti di-root dulu ya? :(

  50. Alvanka mengatakan:

    makasih info nya gan , upgrade n partisi nya berhasil , bener2 bermanfaat …

  51. toyib mengatakan:

    untuk menambah internal xperia apa jg bisa??
    d tggu balesannya!

  52. Puya mengatakan:

    Infonya mas bro..
    Partisi uda, sukses.. Tp ketika mau mindain link app ke sdcard dari link2sd kok yang muncul “memasang scrip salah”.
    Bantuaannya donk, kenapa ya?

  53. toyib mengatakan:

    salam,,,,,

    mohon penjelasannya,,!!!
    bagaimana cara menambah internal pd xperia???

  54. faha mengatakan:

    gan kalo sd cardnya kita ganti setelah menambah memori internal bisa?

  55. jaberwer mengatakan:

    om bearti klo mau tambah memori internal harus mempartisi sd mcro dulu ?

Tinggalkan Balasan

